7 Hal Pertama yang Terpikirkan Ketika Mendengar Kata Jambi

Halo kanti-kanti sekalian. Jadi, gimana kabarnya sekarang? Sudah ada gandengan belum? *eh. Angso di Jambi saja sudah ada pasangannya, kok kamu belum juga sih? Hehehee. Udah jangan serius-serius banget. Kali ini kita akan bahas tentang Apa yang dipikirkan orang-orang ketika mendengar kata Jambi.

Nah, kalo kanti-kanti  tanyakan ke orang Jambi sih pasti bakal dijelasin panjang kali lebar lapangan sepak bola. Tapi, kali ini yang ditanyakan bukan orang Jambi, jadi tidak ada yang perlu dijelaskan dengan panjang kali lebar.

Sebelumnya, sedikit bercerita tentang Jambi. Negeri Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini memiliki sejarah yang luar biasa pada masanya. Pernah menjadi salah satu pusat Kerajaan digdaya dan berpengaruh di wilayah Nusantara. Beberapa kerajaan pernah berdiri di sini, salah satunya adalah kerajaan Melayu Kuno dan Melayu Jambi. Nama negeri ini menjadi sorotan diberbagai prasasti dan berita dari negeri Tiongkok yang dikenal sebagai Chan-pei.

Singkat cerita, setelah masa kejayaan dari kerajaan-kerajaan yang sempat menguasai negeri Jambi usai. Pada 18 April 1946 Komite Nasional Indonesia memutuskan Jambi menjadi bagian dari Provinsi Sumatera Tengah dan selanjutnya ditetapkan berdasarkan  Undang-Undang Nomor 61 tahun 1958 sebagai Provinsi Jambi.

Negeri Jambi kini sudah banyak dikenal baik karena peninggalan sejarahnya maupun karena wisatanya. Mari kembali ke topik utama, Berikut tujuh hal yang pertama dipikirkan orang-orang tentang Jambi versi Dialekito. Yuk check it out!

1. Gunung Kerinci

hal pertama pertama tentang jambi - Gunung Kerinci
Gunung Kerinci [Sumber Gambar]
Gunung Kerinci adalah gunung api aktif yang juga dikenal sebagai atapnya Pulau Sumatera yang terletak di Kabupaten Kerinci. Sebagian sumber menceritrakan Gunung Kerinci terletak di Provinsi Sumatera Barat karena sebagian dari Gunung Kerinci secara administratif termasuk wilayah Sumatera Barat. Gunung berjenis stratovolcano  ini memiliki ketinggian 3.805 mdpl (12.494 ft).

Untuk menjaga kelestariannya, pemerintah menetapkan bahwa Gunung Kerinci berada dalam kawasan konservasi Asean Heritage Site dan World Heritage Site dari Unesco tahun 2004 dan dikelola oleh BBTNKS (Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat). BBTNKS juga ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia The Tropical Rainforest Heritage of Sumatera (TRHS) tahun 2006.

2. Angso Duo

hal pertama pertama tentang jambi - angso duo
Angso Duo [Sumber Gambar]
Angso duo “dua angsa” merupakan ikon dari Kota Jambi. Hal tersebut terpampang jelas pada lambang Pemerintahan Kota Jambi yang dihiasi dengan ikon Angso Duo. Selain itu, ikon ini juga dilestarikan dan dijadikanya  sebagai salah satu motif batik yang menjadi ciri khas Batik Jambi.

Terdapat beberapa versi tentang asal usul penamaan Angso Duo. Salah satu versinya menceritakan bahwa sepasang angsa jantan dan angsa betina dilepas di Sungai Batanghari dan diikuti oleh Orang Kayo Hitam serta istrinya Putri Mayang Mangurai menggunakan Perahu Kajang Lako. Mereka berdua mengikuti kemanapun arah Angso Duo berenang hingga berhenti di salah satu daratan yang kemudian dikenal sebagai Kota Jambi.

3. Candi Muaro Jambi

hal pertama pertama tentang jambi - candi muaro jambi
Candi Muaro Jambi [Sumer Gambar]
Candi Muaro Jambi merupakan situs purbakala yang terletak di Kabupaten Muaro Jambi yang juga dikenal sebagai kawasan per-candi-an Agama Hindu-Budha terluas di Asia Tenggara dengan luas 3.981 Hektar. Selain sebagai komplek candi terbesar, Candi Muaro Jambi merupakan kompleks candi yang paling terawat di Pulau Sumatera.

Sejak tahun 2009, Situs Purbakala Kompleks per-candi-an Muara Jambi yang juga merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu, telah dicalonkan menjadi salah satu situs warisan kebudayaan Dunia ke UNESCO.

Yuk beb, lihat lebih lengkap di halaman berikutnya ya

Related posts

5 Publik Figur yang Pernah Mendaki Gunung Kerinci Jambi

Latoiful Manan

Sungai Penuh Menjadi Kota Cerdas Indonesia 2018

Latoiful Manan

7 Atlet Asal Jambi yang Berlaga di Asian Games 2018

Latoiful Manan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More