Hanya Punya Waktu Sehari di Bungo, Kemana Saja?

Kerap kali kita mengunjungi suatu kota baru namun hanya punya sedikit waktu sehingga pelancong akan sulit untuk menjelajahi seluruh kota dalam sehari. Terlebih bila kanti mengujungi Muara Bungo yang terkenal dengan wisata alaminya yang eksotis. Kendati demikian, tempat tempat tersebut berjauhan antara satu dan lainnya serta berada di pelosok Bungo. Meski begitu, kanti tetap bisa kok berwisata ke Bungo walau hanya dalam satu hari. Berikut ini dialekito.com rangkum beberapa hal yang bisa kanti lakukan di Bungo dalam waktu sehari.

Wisata Sejarah di Kompleks Rumah Tuo

tanah periuk kompleks rumah tuo
Kompleks Rumah Tuo [Sumber: Tamacang]

Berjarak 24 KM dari pusat kota , Dusun Tanah Periuk menyimpan peninggalan leluhur masyarakat Bungo. Perjalanan 30 menit yang kanti lakukan tidak akan sia-sia karena di dusun ini kanti akan menemui 11 rumah khas Bungo yang diperkirakan berusia lebih dari 200 tahun. Rumah-rumah yang diberi julukan Rumah Tuo tersebut adalah rumah yang berdiri sejak zaman kerajaan islam yang dipimpin oleh Raja Sri Mangkubumi. Namun sayang, tidak ada jejak jejak bekas istana kerajaan islam tersebut.

Selain rumah tuo, kanti juga dapat melihat makam keramat yang dipercaya oleh warga sekitar sebagai makam keturunan Raja Sri Mangkubumi. Tak hanya itu, kanti dapat melihat peninggalan kerajaan lainnya, yaitu berupa ikat pinggang dan baju kebesaran milik Raja Sri Mangkubumi.

Menjajal Wahana Air di Semagi Waterpark

semagi waterpark
Semagi Waterpark [Sumber: @semagiwaterpark]

Semagi Waterpark merupakan salah satu objek wisata favorit Kota Muara Bungo. Terletak di Jalan Lintas Sumatera KM 9 di Sungai Mengkuang kecamatan Rimbo Tengah, tempat ini merupakan wahana air buatan pertama di Muara Bungo. Tak heran bila ratusan wisatawan kerap memenuhi tempat ini, baik warga lokal maupun dari kabupaten sekitar.

Dibangun di tanah seluas 12 hektar, Semagi Waterpark menawarkan 6 kolam wahana bermain. Selain wahana air, disini juga dilengkapi dengan wahana flying fox, atv, go cart, trampoline, dan pemancingan. Semagi Waterpark buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Pengunjung perlu merogoh kocek sebesar 50.000 rupiah untuk masuk, cukup terjangkau bukan? Semagi Waterpark telah dialekito.com ulas dalam artikel tersendiri.

Nongki Cantik di Taman

taman hijau bungo
Taman Hijau Bungo [Sumber: infoanekawisata]

Mendapatkan penghargaan adi pura untuk kota kecil dua kali berturut-turut membuat kabupaten ini terus berbenah, karena pembangunan taman secara masif dilakukan. Menikmati sore sambil bersantai di taman tentu bukan suatu pilihan yang buruk. Kanti dapat bercengkerama dengan masyarakat lokal atau sekedar mencicipi jajanan yang dijual disekitar taman. Ada beberapa taman yang dapat kanti pilih, yakni Taman Angso Duo yang berada di jantung kota Bungo, Taman Pusparagam, Taman Hijau, dan Taman Tampoenek Bungo.

Wisata Kuliner

Layaknya daerah lain, Bungo juga memiliki beberapa tempat makan yang telah terkena mampu menggoyang lidah. Bagi kanti yang enggan untuk menghabiskan waktunya di tempat wisata yang ramai, menjajal kuliner di sekitaran Bungo tentu menjadi opsi yang menarik.

Kanti dapat mengunjungi pujasera Bungo yang terletak di dekat rumah dinas bupati. Disana kanti akan menemukan banyak pilihan kuliner mulai dari kuliner khas Sumatera hingga kuliner kekinian. Bagi kanti pecinta bakso, ada dua warung bakso yang terkenal di Bungo, yakni Bakso Solo yang berada tepat disamping Taman Angso Duo dan Bakso Yoyok yang berada tak jauh dari bandara. Tak hanya itu, kanti juga dapat mencoba martabak india dari RM Martabak Malabar yang rasanya telah tersohor di seantero Bungo. Rumah makan ini terletak di dekat Taman Pusparagam.

Referensi featured image

Related posts

Berenang di Danau Kerinci, Danau Terbesar di Provinsi Jambi

Arya Adhitya

Lubuk Penyengat, Pilihan Baru Wisata Alam yang Asri nan Memikat

Haviz Kurniawan

Keindahan Taman di Kota Jambi: Dari Jomblo-Pemakaman

Haviz Kurniawan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More