Tentang Kami

Arya Adhitya

Dialekito adalah portal web yang berisi konten semua hal tentang Jambi mulai dari wisata, kuliner, komunitas, opini, sejarah, profil, dan lainnya yang dituliskan secara menarik dan informatif. Dialekito ingin menjadi arsip informasi dari bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

Kata “dialek” diambil dari dialektik (dialektika) yang berasal dari kata dialog. Artinya adalah komunikasi dua arah antara dialekito.com dan pembaca serta mengingatkan bahwa bahasa yang dipakai di Jambi adalah akhiran “o” atau dialek o. Kata “kito” kembali kepada tujuan dari situs ini untuk mengumpulkan semua informasi mengenai Jambi kepada teman-teman kita baik di Jambi ataupun di luar Jambi.

Bagi kami, Jambi adalah istimewa karena termasuk dari tiga provinsi di Indonesia yang ibukotanya bernama sama dengan nama provinsinya, selain Bengkulu dan Gorontalo. Lokasinya sendiri terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatera. Provinsi Jambi secara geografis terletak antara 0,45° Lintang Utara, 2,45° Lintang Selatan dan antara 101,10°-104,55° Bujur Timur. Di sebelah Utara berbatasan dengan Provinsi Riau, sebelah Timur dengan Selat Berhala, sebelah Selatan berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan dan sebelah Barat dengan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Bengkulu. Kondisi geografis yang cukup strategis di antara kota-kota lain di provinsi sekitarnya membuat peran provinsi ini cukup penting terlebih lagi dengan dukungan sumber daya alam yang melimpah.

Lalu, kenapa Sepucuk Jambi Sembilan Lurah? Bagi yang belum tahu, Sepucuk Jambi Sembilan Lurah adalah semboyan yang terdapat pada logo Provinsi Jambi yang diambil dari naskah Undang-Undang Piagam Pencacahan Kisah Negeri Jambi yang ditulis oleh Ngebi Sutho Dilago Priyayi Rajo Sari pada 1937.

Dengan Dialekito, kami harap semua orang dapat mengetahui apapun yang mereka ingin dapatkan tentang Jambi. Misal, seperti obyek wisata yang sudah cukup banyak di Jambi tapi mungkin jarang orang yang tahu. Padahal pesona Jambi tidak kalah menariknya dengan lokasi lainnya. Di sini kalian bisa menikmati keindahan mulai dari Gunung Kerinci, Jembatan Gentala Arasy, Tugu Juang, Candi Muaro Jambi, dan masih banyak lagi.

Unduh pengenalan tentang Dialekito di sini.

Tim Pengembang:

Big Editor

Haviz Kurniawan

Reiki Nauli

Content Writer & Analyst

Nur Mazhariya

Ayurin Putri

Inda Lestari

Admin

Fauzani Taufiq

Partnership

Latoiful Manan

Creative Designer

Khairul Alim

Engineer

Arya Adhitya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More