5 Rekomendasi Tempat Jogging di Kota Jambi

Akhir pekan merupakan waktu terbaik untuk melakukan aktivitas olahraga setelah selama seminggu disibukkan dengan berbagai kegiatan yang menguras energi dan pikiran. Salah satu aktivitas olahraga yang mudah untuk dilakukan yaitu jogging. Banyak sekali manfaat jogging bagi tubuh kita seperti menyehatkan badan hingga menyegarkan pikiran. Ada beberapa tempat di Kota Jambi yang sangat cocok untuk dijadikan tempat jogging, berikut 5 rekomendasi tempat jogging yang boleh kalian coba.

1. Area GOR Kota Baru

tempat-jogging-jambi-dk_1
Rute Jogging di GOR Kota Baru

GOR Kota Baru merupakan salah satu tempat olahraga yang asik bagi masyarakat Kota Jambi. Di area GOR Kota Baru sendiri menyediakan beberapa fasilitas olahraga seperti lapangan bola mini, bola voli, lapangan futsal dan badminton. Selain itu pengunjung juga bisa memanfaatkan jalan di area GOR sebagai jogging track. Pengunjung yang jogging biasanya akan mengelilingi gedung GOR searah dengan jarum jam. Jogging track ini dipilih karena tidak banyak kendaraan yang berlalu lalang dan cukup aman. Jika diukur melalui google maps, satu kali putaran di gedung GOR berjarak sekitar 310 m. Area GOR Kota Baru sangat direkomendasikan kepada kalian semua yang ingin jogging santai di akhir pekan karena lokasinya yang cukup strategis. Bagi yang membawa kendaraan bermotor bisa memarkirkan kendaraannya di sekitar GOR Kota Baru – biasanya di depan GOR. Tempat ini biasanya akan ramai di hari Sabtu dan Minggu baik pagi maupun sore hari.

2. Kantor Gubernur

tempat-jogging-jambi-dk_2
Rute Jogging di Lapangan Kantor Gubernur

Lapangan Kantor Gubernur merupakan tempat berikutnya yang cocok untuk untuk jogging di pagi maupun sore hari. Area kantor gubernur sendiri merupakan komplek perkantoran dinas atau lembaga tingkat provinsi. Banyak masyarakat Kota Jambi yang memilih area kantor gubernur sebagai jogging track karena lokasi yang strategis dan cukup aman karena tidak dilalui banyak kendaraan. Selain itu kantor gubernur dipilih karena areanya cukup luas bahkan lebih luas dari area GOR Kota Baru. Pengunjung yang membawa kendaraan bermotor bisa memarkirkan kendaraannya di dalam area kantor gubernur. Terdapat dua pintu masuk area kantor gubernur yaitu di sebelah patung Sultan Thaha Syaifuddin dan samping Rumah Sakit Raden Mattaher. Pengunjung yang jogging biasanya akan mengelilingi lapangan area kantor gubernur atau mengikuti jalur jalan aspal yang berada di area kantor gubernur. Jogging track ini dipilih karena tidak banyak kendaraan yang berlalu lalang dan tidak banyak halangan. Jika diukur melalui google maps, satu kali putaran lapangan kantor gubernur yaitu sekitar 560 m. Area ini akan sangat ramai di hari minggu pagi karena biasanya area depan kantor gubernur akan dialihfungsikan sebagai pasar minggu (sunmor). Jadi setelah lelah melakukan  jogging, pengunjung bisa langsung ke pasar minggu (sunmor) untuk sekedar melihat komoditas yang diperdagangkan.

3. Kawasan Tugu Keris

tempat-jogging-jambi-dk_3
Rute Jogging di Kawasan Tugu Keris

Lokasi berikutnya yaitu di kawasan Tugu Keris Siginjai Kota Baru atau dekat Kantor Walikota Jambi. Kawasan ini merupakan kawasan wisata yang menjadi ikon Kota Jambi. Tugu Keris Siginjai merupakan ikon baru Kota Jambi yang sarat akan nilai sejarah. Keris Siginjai merupakan senjata tradisionl masyarakat Jambi ketika melawan penjajah. Kawasan Tugu Keris Siginjai sebenarnya termasuk kedalam komplek perkantoran pemerintahan Kota Jambi. Kawasan ini memang cukup ramai hampir setiap hari, dimulai dari sore hingga malam hari. Kawasan ini juga cocok untuk dijadikan sebagai tempat olahraga ringan dan jogging. Di kawasan terdapat fasilitas olahraga sederhana (outdoor gyms) yang bisa kalian gunakan. Pengunjung bisa melakukan jogging mengikuti pedestrian yang cukup tertata rapi di kawasan ini. Jika mengikuti jalur (seperti digambar) maka jarak tempuhnya menurut google maps sekitar 2.900 m. Pada minggu pagi, kawasan ini biasanya akan sangat ramai karena sering diselenggarakan senam sehat.

4. Eks Arena MTQ

tempat-jogging-jambi-dk_4
Rute Jogging di Arena Ex-MTQ

Eks Arena MTQ juga sering digunakan sebagai jogging track oleh masyarakat Kota Jambi khususnya masyarakat Jambi Selatan. Letak eks arena MTQ ini berada dekat dengan Bandara Sultan Thaha dan Taman Rimba Jambi. Dulunya lokasi ini dijadikan tempat perlombaan MTQ Nasional pada tahun 1997. Pada masa itu kawasan ini sangat populer dan menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal. Di kawasan ini terdapat banyak bangunan dengan ornamen-ornamen khas Jambi. Namun sayangnya bangunan yang ada tidak begitu terawat dengan baik. Biasanya masyarakat sekitar memanfaatkan arena ini sebagai tempat kebugaran dan berolahraga ringan seperti jogging. Jika diukur menggunakan google maps, satu kali putaran di lapangan eks arena mtq yaitu sekitar 450 m. Seperti di tempat-tempat sebelumnya, weekend menjadi waktu dengan jumlah pengunjung terbanyak baik di pagi maupun sore hari.

5. Jogging Track Danau Sipin

tempat-jogging-jambi-dk_5
Jogging Track di Kawasan Danau Sipin

Jogging track Danau Sipin merupakan salah satu dari beberapa fasilitas yang ada di kawasan wisata baru Danau Sipin. Kawasan wisata Danau Sipin merupakan kawasan wisata baru yang mulai dikembangkan oleh pemerintah Kota Jambi. Di kawasan ini terdapat berbagai fasilitas seperti jembatan cinta, jogging track, tour ketek (perahu kecil), outlet-outlet yang menjajakan makanan, tempat parkir hingga toliet. Kawasan wisata Danau Sipin ini memang diperuntukkan untuk jogging dan wisata. Panjang jogging track ini yaitu sekitar 470 m dan rencananya akan diperpanjang hingga mengelilingi Danau Sipin. Tempat ini menjadi pilihan terbaik untuk jogging karena bisa menikmati pemandangan danau yang indah baik di pagi maupun sore hari.

Related posts

7 Hal Pertama yang Terpikirkan Ketika Mendengar Kata Jambi

masfiiq

5 Teori Konspirasi ketika Kita Terbiasa Menyisakan Makanan

Latoiful Manan

Cara Menghabiskan Uang 40 Miliar Hasil Menabung Versi Orang Jambi

Reiki Nauli

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More