Image default
Wisata

Taman Rimba Jambi, Sarana Edukasi Fauna di Kota Jambi

Melakukan perjalanan wisata untuk melepaskan penat tidak selalu harus ke daerah-daerah tertentu yang jauh dari kebisingan kota. Kanti-kanti juga dapat menikmati wisata dalam bentuk hal lain, misalnya seperti edukasi. Jika kanti-kanti tertarik untuk wisata ke tempat yang menyajikan edukasi, Taman Rimba jawabannya.

Taman Rimba ini tidak sepenuhnya tampak seperti hutan seperti arti sebenarnya. Taman ini memiliki luas sebesar 10 Ha dan berisi hewan langka endemik kategori yang dilestarikan di Provinsi Jambi, seperti binatang buas, berbagai reptile dan burung serta beberapa primata langka. Kanti-kanti dapat menemukan Harimau Sumatra dan Gajah Sumatra di sini. Selain itu, taman ini juga memiliki banyak jenis burung seperti burung rangkok, pelikan laut, elang, rajawali, bangau, dan burung unta.

Burung di Taman Rimba [sumber: candlesinmyheart.wordpress.com]
Lokasi Taman Rimba ini cukup dekat dengan Bandar Udara Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi dan terletak di Jl. Sunaryo, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Indonesia. Untuk mencapainya, kanti-kanti dapat menggunakan angkot. Harga tiketnya sendiri sebesar Rp5.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak (jika ada perubahan, mohon dituliskan di komentar bagian bawah).

Menariknya, Taman Rimba ini juga bersebelahan dengan fasilitas taman bermain untuk anak-anak yang mirip Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta, berupa anjungan-anjungan tiap daerah/kabupaten se-Provinsi Jambi yang mengenalkan corak rumah adat dan budaya daerah masing-masing. Kanti-kanti juga akan melihat bangunan besar yang disebut Rumah Kajanglako, rumah adat Jambi yang berbentuk bubungan rumah berukir burung angsa kajanglako.

Suasana di Taman Rimba Jambi [sumber: ragamwisatakotajambi.wordpress.com]
Jika lapar dan haus, kanti-kanti dapat menikmati suguhan kuliner khas Jambi yang dijual oleh masyarakat setempat dan di sekitar taman ini ada cukup banyak warung makan dan pusat oleh-oleh khas Jambi.

Lokasi Taman Rimba

Referensi featured image

Related posts

Keindahan Taman di Kota Jambi: Dari Jomblo-Pemakaman

Haviz Kurniawan

7 Tempat Wisata di Kerinci yang Wajib Dikunjungi

Arya Adhitya

Keindahan Taman di Kota Jambi: Anggrek hingga Hutan Kota (lanjutan)

Haviz Kurniawan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More