Image default
Kuliner

Enak dan Manis Kue Khas dari Jambi, Putri Kandis

eits, jangan salah dulu kanti-kanti. Putri Kandis itu bukan sosok seorang gadis yang berparas cantik ya heheh. Putri Kandis merupakan salah satu kue tradisional dari Jambi yang terbuat dari campuran telur dan gula. Karena berbahan dasar gula sudah pasti Putri Kandis ini punya cita rasa manis ya, dan bahan dasar telur membuat kue dengan kombinasi warna hijau tersebut gurih saat dimakan. Kombinasi warna hijau tersebut diperoleh dari sari air daun suji berbeda dari pada kue-kue lapis pada umumnya yang berwarna cokelat. Kue tersebut termasuk dalam golongan kue basah.

Dahulu, kue Putri Kandis hanya dapat ditemui saat acara-acara adat saja, akan tetapi saat ini kanti-kanti sudah bisa membeli kue khas Jambi ini di supermarket terdekat dan tokoh oleh-oleh. Bagi kanti-kanti yang akan membuat kue Putri Kandis, kira-kira apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan ya? dan bagaimana cara membuatnya?.

Bahan-bahan yang dibutuhkan terbagi atas dua jenis. Bahan pertama diantaranya: 15 butir kuning telur, 150gr gula, 1 sdt vanila, 50 ml susu kental manis, 50 gr margarin, 1 sdm tepung terigu, 175 ml santan, 2 sdm coklat bubuk. Bahan kedua diantaranya: 5 butir putih telur, 100 gr gula,  50 ml air daun suji, 100 ml susu kental manis, 50 gr tepung terigu, 50 gr margarin, 75 ml santan.

Kemudian, bagaimana cara membut kedua adonan bahan di atas menjadi sebuah kue Putri Kandis yang manis. Simak caranya diawabah ini ya.

Tahap 1

Kocok kuning telur dan pertalahan tambahkan gula hingga terasa cukup lembut, jangan lupa tambahkan susu kental manis. Setelah adonan dirasa cukup lembut, tambahkan santan, margarin, vanila dan tepung kemudian aduk ulang adonan hingga merata. Bagi adonan menjadi dua bagian dan salah satu adonan ditambah coklat bubuk kemudian sisanya dibiarkan putih.

Tahap 2

Kocok putih telur hingga dirasa cukup mengembang dan tambahkan gula ke dalamnya. Tambahkan air daun suji, tepung terigu, susu kental manis, margarin, santan dan kocok hingga merata.

 Tahap 3

Siapkan wadah atau loyang berukuran kurang lebih 18 sentimeter yang telah diolesi dengan margarin dan alas kertas roti. Kanti-kanti memiliki tiga jenis warna adonan, pilih salah satu warna untuk menjadi dasar kue. Adonan pertama kemudian dipanggang dengan suhu 150 derajat celius. 

Setelah adonan pertama matang, tambahkan adonan kedua di atas adonan pertama, kurang lebih 200 gram. Masukkan adonan baru ke dalam panggangan. Apabila adonan pertama dan adonan kedua sudah matang, tambahkan adonan ketiga di atasnya dan panggang kembali selama kurang lebih 30 menit. Setelah matang, keluarkan adonan dari panggangan dan biarkan hingga dingin. 

Kue Putri Kandis siap dipotong-potong dan disajikan. Selamat menikmati. Kanti-kanti ingin membuat kue yang lain?, cek refrensi resep kue khas jambi lainnya di sini atau di sini ya.

Referensi featured image

Related posts

Kopi Bubuk Cap AAA, Kopi Nikmat Warisan Nusantara

Arya Adhitya

Teh Kayu Aro, Primadona di Kalangan Bangsawan Eropa

masfiiq

Nasi Minyak, Masakan Istimewa Kesultanan yang Kini Disantap Masyarakat Umum

masfiiq

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More