Organisasi Mahasiswa Jambi, Wadah Kontribusi bagi Jambi (1)

Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, cukuplah untuk menjadi bekal bagi generasi muda Jambi yang merantau khususnya menuntut ilmu di luar daerah Jambi. Bertebaran di kampus-kampus terbaik di Indonesia ataupun yang terikat dengan ragam sekolah ikatan dinas, bekal tadi akan menjadi pengingat bahwa ada negeri Jambi yang menanti, ranah kontribusi sesungguhnya di masa depan.

Marwah harapan ini terus menyala hingga kini, dan sebagai penjaga nyalanya adalah dengan  berhimpun dalam suatu organisasi. Organisasi ini nantinya yang menjadi wadah dan titik temu para pelajar dengan ragam fokus ilmu yang berbeda yang berasal dari Jambi.

Ada berbagai macam bentuk organisasi mahasiswa daerah Jambi yang tersebar di beberapa Provinsi di Indonesia, khususnya di beberapa universitas. Kali ini, tim dialekito.com akan fokus pada organisasi mahasiswa daerah Jambi yang berada di 4 universitas di Indonesia, yakni Universitas Indonesia, Universitas Sriwijaya, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Gadjah Mada. Insha Allah, akan menyusul di artikel-artikel berikutnya mengenai himpunan mahasiswa Jambi di universitas ataupun sekolah kedinasan lainnya.

Sebagai penjaga marwah nyala harapan tadi, organisasi himpunan mahasiswa Jambi di tiap universitas memiliki dinamika yang berbeda-beda, namun tetap dengan irisan visi yang sama yaitu ingin memberikan kontribusi bagi Jambi di kala waktu perkuliahan.

Baiklah, mari kita bahas keempat organisasi mahasiswa daerah Jambi ini satu per satu,

1. Himpunan Mahasiswa Jambi Universitas Indonesia (Himaja UI)

Himaja UI tergolong sebagai organisasi yang telah memiliki catatan sejarah panjang, berdiri sejak tahun 14 Februari 1993 di Universitas Indonesia. Organsasi ini didirikan oleh anak-anak muda Jambi yang berkuliah di UI dan berkeinginan untuk membentuk wadah sebagai pengerat kekeluargaan sesama mahasiswa rantau yang berada di Universitas Indonesia.

Sebagai keluarga kedua bagi mahasiswa UI asal Jambi, Himaja UI menjadi wadah mereka dalam bersosialisasi antar sesama, saling mengenal dan mengakrabkan hingga wadah aktualisasi berbagai kegiatan yang diadakan, baik rekreasi bersama, training-training bagi anggota, kegiatan olahraga dan banyak lagi. Tentunya kegiatan-kegiatan yang dilakukan merupakan kegiatan yang mampu menyegarkan raga dan pikiran mahasiswa di tengah padatnya waktu perkuliahan.

Berumur 25 tahun, Himaja UI telah melewati berbagai dinamika dan tantangan zaman yang semakin menyalakan marwah mereka untuk berkontribusi bagi Jambi. Hingga saat ini, Himaja UI terus memberikan karyanya bagi Jambi, salah satunya melalui kegiatan yang mengedukasi generasi muda Jambi, khususnya siswa/i SMA/MAN sederajat.

organisasi mahasiswa jambi
Kemilau Senja di Universitas Indonesia [Sumber Gambar]
Kegiatan edukasi tersebut diberi nama Dari UI untuk Jambi (DUIUJ), DUIUJ ini telah berlangsung 15 kali loh. DUIUJ biasanya diadakan di tiap awal tahun dengan ragam kegiatan yang ada, seperti goes to school, contest (lomba debat, lomba cepat tanggap (LCT) hingga lomba poster) dan bedah kampus.

Ragam kegiatan tersebut  dimaksudkan agar generasi muda Jambi khsususnya siswa/i SMA/MAN sederajat memiliki wawasan baru. Tidak hanya yang berada di Kota Jambi namun juga di Kota/Kabupaten lain di Provinsi Jambi.

“Semangat dan pantang menyerah dalam menggapai cita-cita, jangan takut gagal dan keluarlah dari zona nyaman selama ini”

Pernyataan diatas merupakan pesan dari Himaja UI bagi kawula muda. Kehadiran penerus-penerus mereka yang baru dari Jambi, sangat dinantikan di Universitas Indonesia.

2. Keluarga Mahasiswa Jambi Siginjai Institut Teknologi Bandung (KMJ ITB)

Keluarga mahasiswa Jambi Siginjai ITB mulai diinisiasi sejak tahun 2007, proses inisisasi dimulai dengan membentuk paguyuban yang bernama Budak Jambi (Kubu Jambi).  Kemudian pada tahun 2008, inisiasi tersebut dikembangkan dengan membentuk unit mahasiswa.

Pucuk dicinta, ulam tiba, pada 16 Agustus 2009 Budak Jambi resmi  menjadi unit dengan nama KMJ ITB (Keluarga Mahasiswa Jambi Siginjai ITB). 10 tahun sudah KMJ Siginjai berdiri, tentunya sebagai wadah tukar pikiran, bersosialisasi dan mengembangkan soft skill mahasiswa ITB asal Jambi.

organisasi mahasiswa jambi
Siang yang Cerah di Institut Teknologi Bandung [Sumber Gambar]
Nah,  masterpiece dari KMJ Siginjai ITB, terutama bagi Jambi adalah Ganesha Fun Day (GFD). Acara yang berisikan roadshow ke SMA/MAN sederajat di Jambi ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan wawasan mengenai dunia perkuliahan.

Puncak dari GFD yang telah diadakan sejak tahun 2009 di tiap awal tahunnya adalah kegiatan berupa talkshow dan try out Nasional. Landasan kegiatan GFD sebagai masterpiece ini jugalah yang menjadi salah satu landasan kuat berdirinya KMJ Siginjai ITB, berkontribusi bagi Jambi.

“Sebagai generasi muda Jambi, teruslah berani untuk bermimpi setinggi-tingginya, dan perjuangkan mimpi dan cita-cita tersebut”

Serangkaian kalimat ini adalah pesan dari kawan-kawan KMJ Siginjai ITB bagi generasi muda Jambi, seraya menunggu kedatangan penerus mereka yang ingin berkuliah di ITB.

 

Yuk lanjutkan ke halaman selanjutnya, kita ulas 2 organisasi mahasiswa daerah Jambi lainnya.

Related posts

Bara Api: Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan

Latoiful Manan

Gadjah Mada Berkunjung#7, sarana Kontribusi & Berbagi

Haviz Kurniawan

Jambi Greeneration: Komunitas Peduli Lingkungan di Kota Jambi

Latoiful Manan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More