Wisata Religi di Masjid 1000 Tiang, Masjid Agung Al Falah Jambi

Masjid Agung Al-Falah adalah salah satu masjid yang iconic di Indonesia. Masjid terbesar di Jambi tersebut dikenal dengan sebutan Masjid 1000 Tiang, meskipun kenyataannya Masjid Agung Al-Falah hanya memiliki 288 tiang. Masjid Agung Al-Falah berdiri kokoh di tanah yang dulunya merupakan pusat kerajaan melayu yaitu di Jalan Sultan Thaha No 60, Legok Kota Jambi. Masjid Al-Falah begitu orang menyebutnya, dirancang sebagai sebuah bangunan terbuka layaknya pendopo yang tidak memiliki sekat permanen.

Terdapat dua bentuk tiang kokoh yang menggantikan dinding Masjid Agung Al-Falah. Tiang utama berbentuk silinder dengan balutan tembaga berwana coklat dan menambah kesan mewah. Tiang kedua yaitu tiang berwarna putih dengan tiga sulur untuk menyangga atas masjid.

Proses pembangunan Masjid tersebut telah dilakukan semenjak tahun 1971, meskipun wacana pembangunan sarana ibadah utama masyarakat Jambi tersebut telah ada semenjak tahun 1960. Pada tahun 1980, Presiden Soeharto meresmikan penggunaan Masjid Agung “1000 tiang” Al-Falah sebagai pusat peribadatan umat islam di Jambi.

Oleh masyarakat Jambi, Masjid tersebut tidak hanya digunakan sebagai pusat peribadatan. Disekitar Masjid Agung Al-Falah juga terdapat aktivtias pendidikan dan ekonomi. Setidaknya terdapat tiga institusi pendidikan disekitar Masjid Agung Al-Falah yaitu SD Islam Al-falah, SMP Islam Al-Falah dan SMA Islam Al-Falah. Selain itu Masjid Agung Al-Falah juga berdampingan dengan pasar Angso Duo.

Masjid Al-Falah Jambi
Interior Masjid Agung Al-Falah

Desain Masjid Agung Al-Falah merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang menginginkan wisata religi. Tampak kokoh dari luar dan tampak megah dari dalam. Bagi kanti-kanti yang hobi hunting foto, terdapat banyak benda dan sudut masjid yang dapat dijadikan objek foto kanti-kanti. 

Di dalam masjid misalnya kanti-kanti dapat menyaksikan mimbar antik, jam yang terbuat dari kayu, beduk masjid dan ornamen lukisan yang menghiasi sudut-sudut masjid Agung Al-Falah. Setiap sudut masjid iconic tersebut sangat instagramable deh pokoknya hehe.

Meskipun demikian bagi kanti-kanti yang akan berkunjung ke Masjid 1000 tiang tersebut tetap harus memperhatikan bahwa masjid merupakan tempat ibadah dan menghormati jam’ah lainnya. Menjaga kebersihan, keindahan, keletarian dan tidak merusak fasilitas-fasilitas di Majid.

Tulisan ini diedit oleh : Haviz Kurniawan | Referensi featured image

Related posts

Desa Wisata Lekuk 50 Tumbi Lempur: Desa Wisata dengan 5 Danau

Latoiful Manan

Genah Tanah Lahir Abdurrahman Sayoeti, Landmark Negeri Jambi

Haviz Kurniawan

Pulau Penyu, Destinasi Wisata Bahari Provinsi Jambi

Latoiful Manan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More