Kopi Jambi yang banyak digemari dan wajib dicicipi (seri#1)

Jangan lupo ngopi, kanti-kanti! Kalimat tersebut biasanya menjadi pembuka percakapan kita ketika sedang bersenda gurau hingga larut dalam forum diskusi. Bagi warga Jambi khususnya, kebiasaan minum kopi sudah tidak asing lagi. Beberapa bahkan menjadikannya sebagai rutinitas di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Sehingga Jambi tidak kalah dengan daerah lain yang memiliki intensitas penikmat kopi yang cukup tinggi.

Dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbaik dan sudah menembus pasar ekspor, Indonesia memang memiliki banyak jenis kopi terkenal mulai dari Kopi Gayo asal Aceh hingga Kopi dari Toraja, Sulawesi Selatan. Lalu, bagaimana dengan Jambi?, tentunya Jambi juga tak kalah. Pada kesempatan kali ini, tim Dialekito mencoba menyajikan beberapa jenis kopi asal Jambi yang cukup digemari dan wajib untuk dicicipi ketika berkunjung ke Jambi.

1. Kopi AAA

Triple A menjadi ciri khas sekaligus merk dari kopi ini. Bagi kanti-kanti yang tinggal di Jambi tentunya sudah tidak asing lagi dengan kopi AAA. Kopi yang telah diproduksi sejak tahun 1966 ini, lestari dari generasi ke generasi hingga sekarang di bawah produksi PT Nefo, Jambi Indonesia.

Rasanya yang khas dengan sedikit pahit dan beraroma seperti biji kopi yang baru ditumbuk membuat kenikmatan tersendiri. Kopi AAA juga telah menjadi sajian wajib di beberapa rumah makan hingga teman kerja di ruangan kantor-kantor di Jambi.

2. Kopi Bubuk Nur

Kemudian, mari kita beranjak ke tanah Kerinci di ujung barat Provinsi Jambi. Bumi Kerinci tidak hanya terkenal dengan Teh Kayu Aronya saja, namun adapula Kopi Bubuk Nur. Kopi ini cukup terkenal di kalangan penikmat kopi baik dari dalam Jambi hingga luar Jambi. Dalam beberapa kesempatan, penulis mengalami pengalaman sendiri dimana rekan-rekan yang berasal dari luar Jambi tertarik untuk meminta Kopi Bubuk Nur sebagai oleh-oleh ketika pulang dari Jambi.

Nah, tak kalah dengan rasa Kopi AAA yang khas, kopi Bubuk Nur yang juga nikmat ini telah ikut serta dalam beberapa kesempatan sebagai produk unggulan. Salah satunya pada beberapa kesempatan pameran produk UMKM baik di tingkat lokal maupun nasional.

3. Kopi Liberika Tungkal Komposit

View this post on Instagram

ayo ngopi #liberikaparisto

A post shared by kopi liberika tungkal komppsit (@paristokopi) on

Nah, setelah dari ujung barat kita melesat kembali ke bagian timur Provinsi Jambi, Kuala Tungkal. Kuala Tungkal memiliki kopi khas yaitu Kopi Liberika Tungkal Komposit yang selanjutnya disingkat Kopi Litbukom. Kopi Litbukom memiliki ciri khas tumbuh di dataran rendah.

Berkat Kopi Litbukom, variasi kopi di Jambi tidak hanya berasal dari dataran tinggi saja, namun adapula yang berasal dari dataran rendah. Kopi Litbukom dapat kanti-kanti peroleh ketika punya kesempatan untuk mengunjungi Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan Kuala Tungkal sebagai Ibukota daerahnya.

Nah, bagaimana kanti-kanti apakah tertarik untuk mencicipi salah satunya? atau bahkan telah mencicipi semuanya? Jika ada tambahan dari kanti terkait jenis kopi lainnya bisa ditambahkan di laman komentar ya, selanjutnya tim Dialekito akan menyajikan masih banyak lagi jenis-jenis kopi dari Jambi di seri berikutnya.

sekali lagi, Jangan lupo ngopi kanti!

Referensi featured image

Related posts

10 Pengetahuan yang didapat dari Menonton Film Sokola Rimba

Latoiful Manan

5 Alasan Kenapa Orang Jambi Pacaran di Jembatan

Reiki Nauli

6 Rekomendasi Agenda Untuk Calon MABA

Latoiful Manan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More