Jambi Greeneration: Komunitas Peduli Lingkungan di Kota Jambi

Jambi Greeneration mungkin satu diantara sekian komunitas yang berfokus kepada isu-isu lingkungan. Sangat menarik memang, apalagi selama ini belum ada perkumpulan anak muda dari Jambi yang mengangkat isu lingkungan dan melahirkan sebuah komunitas.

Jambi Greeneration didirikan pada tanggal 12 Desember 2018, usia yang cukup belia jika dibandingkan dengan komunitas lain di Jambi. Komunitas ini didirikan oleh 4 founder, salah satunya Uce. Berikut hasil wawancara lengkap tim dialekito.com dengan Mbak Uce.

Dialekito: Bagaimana ceritanya Jambi Greeneration bisa terbentuk ? Apa sih yang melatar belakanginya ? dan kapan sih mulai terbentuk ?

Mbak Uce: Jadi awal terbentuknya itu sebenernya bermula dari keresahan sendiri terhadap lingkungan terus juga beban title, gak beban juga sih. Maksudnya karena kita kebanyakan dari Teknik Lingkungan yang mengusung isu lingkungan kita ingin berkontribusi juga ke Jambi, apa sih yang bisa kita lakuin.

Terus dengan kondisi lingkungan yang semakin memburuk ditambah kepedulian masyarakat juga kurang, jadi kami ingin ngambil dari sudut yang ini. Kami ingin berfokus kepada penyadaran masyarakatnya karena memang itu sih fungsi dari komunitas-komunitas lingkungan maupun LSM lingkungan.

Kita memang lebih ke masyarakat karena sebenarnya kita yang deket ke masyarakat dibanding pemerintah. Disamping itu, kalau masyarakat sudah sadar sebenernya kita juga membantu program pemerintah karena kalau program-programnya sudah bagus tapi masyarakat tidak ikut berpartisipasi ya sama aja bohong.

Kita ingin melakukan penyadaran melalui kampanye-kampanye dan beberapa program yang sedikit demi sedikit merubah pola prilaku masyarakat. Terus juga karena banyak sebenernya hal sederhana yang bisa kita lakuin dari diri sendiri untuk bisa menjaga lingkungan itu sendiri untuk hidup peduli dengan lingkungan contohnya kaya zero waste, life style ya seperti itu.

Ya mulai dari pola pikir bagaimana kita hidup supaya tidak menghasilkan banyak sampah gitu. Kan itu sederhana, ya mulai dari bawa botol minum sendiri. Jadi kita pengennya masyarakat bisa sadar karena perubahan yang besar itu gak serta-merta datang begitu saja kita juga harus melakukan program-program kecil secara sederhana, itu sih yang melatarbelakangi Jambi Greeneration ini.

Terus juga aku coba cari teman-teman yang bisa diajak satu visi satu misi dan ketemulah beberapa teman dari Teknik Lingkungan dan juga dari beberapa jurusan lain, ada juga dari kalangan emak-emak strong. Jadi kita ada dari beberapa kalangan dan alhamdulilllah kita terbentuk itu tanggal 12 Desember 2018 lalu.

Dialekito: Pembentukannya melibatkan berapa orang ?

Mbak Uce: Awalnya kita terbentuk itu melibatkan 4 orang ya terus akhirnya karena cerita-cerita gitu dan mulai posting-posting dan ada yang penasaran dan akhirnya ikut gabung juga. Akhirnya sekarang kita jumlahnya ada 8 alhamdulillah. Cuma beberapa memang ada yang gak di Jambi tapi asalnya dari Jambi. Ya mereka berkontribusi lewat ide-ide terus juga beberapa ada yang kerja jadi ya bagi-bagi waktu juga dengan komunitas ini.

baca juga Adi Putra, Sosok di Balik Sekolah Bank Sampah

Dialekito: Terus apa visi misi yang dibawa Jambi Greeneration ?

Mbak Uce: Visi dan misi yang kami usung sebenernya sederhana banget. Visi kita itu ingin menjadi komunitas yang proaktif kreatif dan juga berperan aktif dalam upaya pengelolaan lingkungan di Kota Jambi. Dengan misi-misinya melakukan upaya penyadaran kepada masyarakat terus menyediakan sistem informasi lingkungan yang mudah dimengerti masyarakat. Kemudian kita juga mau ngelakuin aksi kajian dan penelitian terkait pengelolaan lingkungan, kita juga ingin menjalin kemitraan dengan lembaga atau instansi pemerintah maupun non pemerintah di isu pengelolaan lingkungan.

kalo nak lanjut klik bae lur!

Related posts

Organisasi Mahasiswa Jambi, Wadah Kontribusi bagi Jambi (1)

Haviz Kurniawan

Gadjah Mada Berkunjung#7, sarana Kontribusi & Berbagi

Haviz Kurniawan

Sanubari, Gerakan Anak Muda Jambi untuk Sektor Kesehatan

Haviz Kurniawan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More