Image default
Opini

Jambi Sumbang Dua Festival di 100 Calender of Events Indonesia

Setiap tahunnya Pemerintah Indonesia diwakili oleh Kementerian Pariwisata menerbitkan daftar 100 Calender of Events. Calender of Events adalah rangkuman festival dan acara terbaik yang tersebar diseluruh daerah di Indonesia. 100 festival dan acara yang terpilih diseleksi dengan ketat sesuai dengan standar internasional. Festival dan acara tersebut diharapkan dapat menjadi magnet bagi wisatawan domestik dan mancanegara untuk mengunjungi destinasi wisata tersebut. Besar harapan melalui festival dana acara yang diselenggarakan dapat mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat dan meningkatakan nilai tawar daerah.

Calender of Events disusun oleh orang-orang yang berkompeten dan melibatkan banyak pemangku kepentingan. Pada tahun 2019 Calender of Events tersebut disusun oleh Taufik Rahzen yaitu Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Media dan Komunikasi, Don Kardono Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi, Denny Malik, Dynand Fariz, Jacky Mussry dan Eko “Pace” di bawah koordinasi Esthy Reko Astuti selaku ketua pelaksana Calender of Event 2019.

Terdapat dua aspek penilaian yang menentukan kelayakan festival atau acara masuk ke dalam daftar 100 Calender of Events yaitu cultural value dan commercial value. Staf Khusus Menteri Pariwisata bertugas untuk menilai aspek cultural value, sedangkan commercial value dinilai oleh Denny Mali, Dynand Fariz, Jacky Mussry dan Eko “Pace”. Selain itu festival dan acara yang dipilih harus mengandung nilai kreatifitas, daya jual, nilai-nilai budaya, menampilkan keragaman budaya dan keindahan alam Indonensia.

View this post on Instagram

Halo Sobat Wisata, untuk menyukseskan target capaian 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan 275 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di tahun 2019, Kemenpar merilis 100 events pariwisata unggulan di seluruh Indonesia yang tertuang dalam 100 Calendar of Events Wonderful 2019. . Ditetapkannya calendar of event ini merupakan arahan dari Presiden RI, Joko Widodo, kepada Menpar RI untuk dapat mempromosikan destinasi wisata Indonesia melalui atraksi eventnya yang begitu memesona. Harapannya Indonesia dapat dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki event pariwisata berkualitas dan berstandar internasional yang mampu menarik kunjungan wisatawan dalam jumlah yang lebih besar. . Semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke suatu destinasi, maka masyarakat akan semakin sejahtera karena mendapat manfaat dari adanya perputaran ekonomi selama event diselenggarakan. . Seperti apa detail penjelasan standar pemilihan event CoE yang dijelaskan dalam 4C, serta apa saja event yang akan digelar di sepanjang tahun 2019, yuk simak infografis dan videografis  berikut ya. Salam Pesona Indonesia! . #100COEWonderful2019 #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #KerjaBerdampak

A post shared by Kementerian Pariwisata (@kemenpar) on

Pada tahun 2019 secara resmi Kementerian Pariwisata mengusung tema “The Winner: Wonderful Indonesia Energy”. Bali adalah salah satu daerah yang menjadi penyumbang terbanyak festival dan acara dalam Calender of Events 2019 dengan total delapan event. Provinsi Jambi menyumbang dua event diantaranya Festival Batang Hari yang akan diselenggarakan pada tanggal 22-25 September 2019 dan Festival Kerinci yang akan diselenggarakan pada tanggal 3-7 November 2019.

Festival Kerinci merupakan salah satu festival tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kerinci. Festival tersebut menjadi salah satu cara untuk mempromosikan kekayaan tanah Kabupaten Kerinci. Beberapa sub-kegiatan yang dilaksanakan selama Festifal Kerinci diantaranya lomba seduh kopi, seduh teh kayo aro, seduh serbuk kawo, kicau mania, lomba fotografi, lomba menyela, lomba melukis, lomba suling kapel, lomba numbuk tiga alu, pameran kuliner tradisional dan pameran karya seni rupa.

Festival Batanghari diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jambi melibatkan berbagai daerah pesisir sungai diantaranya Jambi Muara Jambi, Muara Sabak, Pulo Laut. Beberapa kegiatan yang diselenggarakan diantaranya pertunjukan seni jambi, lomba band, lomba tari, bazar dan pameran dan kompetisi memasak makanan dan minuman tradisional.

Bagaimana kanti-kanti tertarik untuk menghadiri salah satu atau bahkan kedua festival tersebut?

Referensi featured image

Related posts

5 Video Blog yang Wajib Kamu Tonton Sebelum ke Jambi

Reiki Nauli

Berburu Buku Bekas di Toko Buku Hottong Kota Jambi

Arya Adhitya

Asap, Sekelumit Cerita dibalik Keberadaannya yang Perlu diketahui Bersama

Haviz Kurniawan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More