Irvan Pahlevi, Programmer Asal Jambi yang Mendunia

Jika Microsoft memiliki Bill Gates dan Apple memiliki Steve Jobs sebagai sosok yang berperan dalam mengembangkan industri teknologi informasi (IT) di masing-masing perusahaannya sehingga dikenal dunia, Jambi juga punya. Irvan Pahlevi adalah nama pemuda asal Jambi yang mendunia.

Bagi kanti-kanti yang belum tahu, Irvan Pahlevi adalah lulusan STIMIK Nurdin Hamzah. Namanya mulai ramai dibicarakan ketika ia mendapatkan kesempatan untuk menjadi Juri dalam event Akwa Ibom Apps Challenge yang digelar di Nigeria, Afrika Barat bulan Desember 2016 lalu. Akwa Ibom App Challenge sendiri merupakan lomba pengembangan aplikasi dalam bidang pendidikan, kesehatan, bisnis dan lainnya yang bermanfaat untuk perekonomian Nigeria.

Irvan menjadi salah satu juri di Nigeria [sumber Hipwee]

Sontak nama Irvan Pahlevi mendadak jadi perbincangan di dunia maya. Menariknya, Irvan disandingkan dengan beberapa sosok besar di dunia IT mulai dari Larry Page yang merupakan CEO Google dan Jan Koum yang merupakan CEO WhatsApp yang menjadi juri di event yang sama. Bukti bahwa pemuda asal Jambi punya potensi besar untuk menjadi sosok besar di bidang yang ditekuninya.

Beberapa portofolio aplikasi yang pernah dikembangkan oleh dirinya mulai dari Codelonger dan MELT. Codelonger adalah aplikasi teks editor untuk web developer yang memudahkan seseorang dalam merancang sebuah website. Sedangkang, MELT adalah sebuah aplikasi berbasis Android yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Aplikasi Codelonger sebagai teks editor bagi developer [sumber GitHub]

Fakta menarik lainnya, Irvan Pahlevi lebih sering disapa Irvin Smith atau Mr Vero. Terlihat dari nama akun Instagram yang digunakannya. Saat ini, ia berperan aktif dalam melayani perusahaan dan sudah memiliki partner tetap sebanyak 14 perusahaan dari seluruh dunia (beberapa ada yang berasal dari Indonesia).

Berikut beberapa keterangan yang mungkin jarang kanti-kanti lihat di artikel lain mengenai Irvan Pahlevi aka Mr Vero yang berhasil tim Dialekito rangkum dari sesi QnA di Instagramnya. Ia adalah seorang computer programmerinternet entrepreneur dan ia kerja sendiri atau one man army secara remote (tidak di kantor).

Saran darinya jika kanti-kanti yang menekuni bidang IT dan ingin kerja remote adalah harus menguasai keterampilan komunikasi yang baik, keterampilan manajemen dan manajemen proyek. Selain programmer, ia juga melakukan desain user interface untuk tampilan antarmuka aplikasi atau web mulai dari raw sketch, wireframe, digital design, design system, hingga prototype.

Profil Instagram mr_vero [sumber Instagram]

Penasaran bahasa pemrograman apa saja yang dikuasainya? Bisa dibilang Mr Vero adalah monster karena cukup banyak menguasai bahasa pemrograman seperti PHP, Basic, Pascal, SQL, Python, dan Ruby. Ia juga menyarankan bahwa setiap orang setidaknya mempelajari bagaiman logika pemrograman bekerja karena sekarang sudah memasuki industri 4.0 dan IT sudah menjadi kegiatan sehari-hari. Belajar logika pemrograman akan membantu bagaimana kanti-kanti dapat berpikir dengan kritis dan menemukan solusi dari pemecahan masalah.

Itu dia tulisan mengenai sosok profil Irvan Pahlevi. Kanti-kanti dapat mem-follow ia di Instagram @mr_vero.

Referensi featured image

Related posts

Gubernur Buldoser bagi Infrastruktur Negeri Jambi, Masjchun Sofwan

Haviz Kurniawan

Henvega Franius, Kreator Fotografi Landscape Jambi

Arya Adhitya

Black Angel Jambi, Band Musik Rock Asal Jambi

Arya Adhitya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More