Bolu Kojo, Si Manis dari Jambi

Kue bolu sudah akrab dengan lidah masyarakat Indonesia. Kue satu ini biasanya disandingkan dengan teh manis hangat yang disajikan disaat santai maupun dijadikan kudapan pesta. Bila biasanya bolu bertekstur lembut, Jambi memiliki bolu khas yang bertekstur padat dan cenderung seperti kue basah. Ialah Bolu Kojo, makanan khas dari Tanah Pilih Pesako Betuah yang diwariskan secara turun temurun oleh leluhur.

Bolu Kojo atau kerap juga disebut Kemojo berasal dari kata kemboja/kamboja. Dinamakan demikian karena bolu ini berbentuk seperti bunga kamboja. Kue yang identik dengan warna hijau ini tak pernah absen dihidangkan dalam acara adat daerah Jambi, dan terkadang disajikan untuk menemani momen buka puasa.

Selain di Jambi, Bolu Kojo juga ditemukan di wilayah Sumatera lainnya seperti Palembang, Bengkulu, dan Riau. Kendati demikian, tiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Berbeda dengan daerah lainnya yang cenderung memiliki lapisan, Bolu Kojo khas Jambi cenderung polos dan tidak memiliki lapisan.

Bagi pelancong yang ingin mejadikan Bolu Kojo sebagai buah tangan bagi orang terkasih, anda dapat membelinya di Toko Kue Tradisional Talang Banjar maupun di Pasar Hongkong. Harga yang ditawarkan bervariatif sesuai dengan ukuran loyang. Biasanya para penjual mematok harga antara 20.000 rupiah hingga 50.000 rupiah per buah, murah bukan?

Untuk kamu yang ingin menjajal Bolu Kojo namun belum berkesempatan menginjakkan kaki di Jambi, kamu dapat membuat sendiri Si Manis ini di rumah. Berikut dialekito.com sajikan resep Si Hijau ini yang dikutip dari sajiansedap.grid.id

Bahan:

1. 300 ml santan dari 1 butir kelapa

2. 100 ml air daun suji dari 40 lembar daun suji dan 5 lembar daun pandan diblender bersama 75 ml air

3. 8 butir telur ayam

4. 400 gram gula pasir

5. 150 gram tepung terigu protein sedang

6. 50 gram margarin, dilelehkan

7. 1/4 sendok teh garam

Cara Membuat:

1. Kocok telur kemudian masukan gula pasir sampai gula larut. Setelah itu masukan air perasan daun suji, daun pandan, dan santan. Masukkan margarin dan garam. Aduk rata.

2. Ayak tepung terigu. Masukan tepung terigu kedalam adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.

3. Tuang adonan ke dalam loyang yang dioles margarin dan ditabur tepung terigu.

4. Oven dengan api bawah suhu 160 derajat Celcius 70 menit sampai matang

 

 Referensi featured image

Related posts

Nasi Gemuk, Kuliner Selero Besamo dari Jambi

Niken Titin

Kelezatan Jajanan Dodol Kentang Kerinci

Arya Adhitya

Padamaran, Takjil Khas Ramadhan dari Bumi Jambi

Haviz Kurniawan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More