Bakso dan Es Buah yang Tiada Duanya di Solo Berseri

Jika kanti-kanti memiliki teman di luar Jambi yang sedang berkunjung ke Jambi, kira-kira makanan apa yang akan kamu cari untuk mengisi perut mereka yang sedang kosong? Biasanya, tekwan dan pempek akan menjadi pilihan. Tetapi ada hidangan lain yang lazim dikenal dan pasti dicari karena sudah familiar, seperti mie ayam dan bakso.

Seperti yang kamu tahu, bakso atau baso adalah jenis bola daging yang umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka. Tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam dan ikan. Tetap saja lebih banyak bakso yang dibuat dan disajikan dari daging sapi.

Bakso sendiri sangat populer dan dapat ditemukan mulai dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. Nah, bagi kanti-kanti yang tinggal di Kota Jambi, pasti tidak asing dengan Bakso Solo Berseri. Bakso ini adalah salah satu bakso yang paling dikenal. Satu porsinya bisa kamu beli dengan harga Rp12.000 (harga mungkin bisa berubah).

Ilustrasi Bakso di Solo Berseri [sumber TribunStyle]

Bakso ini bisa menjadi salah satu pilihan ketika kanti-kanti mengajak teman yang sedang bermain di Jambi. Lokasinya berada di Jl. Kapt. Pattimura No.40 Simpang IV Sipin, Kota Jambi. Lokasi ini dekat dengan Mall Jamtos, STM, dan Tugu Juang, persis di samping kiri pertigaan lampu merah.

Lalu, apa yang membuat bakso di Solo Berseri ini begitu enak dan sangat digemari? Sesuai namanya, bakso ini adalah hidangan bakso yang berasal dari Solo. Bagi kamu yang belum tahu, biasanya bentuknya lebih kecil dari bakso pada umumnya. Menariknya, bakso Solo ini memiliki rasa khas sapi yang kuat dengan terdapat campuran irisan daging sapi atau tetelan.

Lalu, bakso disajikan dalam keadaan panas dengan kuah kaldu sapi bening dicampur dengan bahan-bahan seperti mi, bihun, tahu, telur, dan terakhir ditaburi bawang goreng dan seledri. Inilah yang membuat cita rasa bakso di Solo Berseri begitu enak. Terakhir jangan lupakan kombinasi kerupuk kulit yang biasanya dapat diambil langsung dari meja.

Ilustrasi Es Buah dengan Rumput Laut [sumber BlitarInsomnia]

Untuk hidangan pencuci mulut, kamu bisa memesan es buah. Mungkin tampilannya sama dengan es buah di rumah makan lainnya. Tetapi es buah di Solo Berseri agak berbeda. Buah yang disajikan diambil menggunakan sendok bulat khusus yang membuat buah seperti pepaya, melon, semangka dituangkan ke dalam sebuah mangkon berbentuk bola.

Terlebih, campuran es serut dan susu manis dan sirup merah coco pandang membuat rasa es buah ini semakin enak untuk disantap. Tidak ketinggalan, yang jarang ditambahkan di hidangan es buah di tempat lain adalah adanya rumput laut. Membuat es buah di Solo Berseri ini menjadi semakin lengkap. Satu porsinya bisa kamu beli dengan harga Rp7.000 (harga mungkin bisa berubah).

 Lihat lokasi Bakso Solo Berseri di bawah ini:

Referensi featured image

Related posts

Nasi Gemuk, Kuliner Selero Besamo dari Jambi

Niken Titin

Nasi Minyak, Masakan Istimewa Kesultanan yang Kini Disantap Masyarakat Umum

masfiiq

Nikmatnya Siomay dan Batagor Mang Aceng yang Melegenda

Arya Adhitya

Leave a review

  • sdasd
  • sADSad
  • sADSAD

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More