Menikmati Indahnya Air Terjun Telun Berasap di Kerinci

Jika kanti-kanti sedang berlibur di Kerinci dan baru saja menikmati keindahan Gunung Kerinci atau bermain air di Danau Kerinci sambil meminum Teh Kayu Aro atau Kopi AAA, kanti-kanti dapat menambahkan daftar tempat tujuan wisata, yaitu Air Terjun Telun Berasap.

Sadar atau tidak, salah satu tempat wisata alam yang paling ramai dikunjungi ketika liburan adalah air terjun. Beberapa alasan mengapa air terjun menjadi primadona saat liburan karena pengunjung bisa menikmati keindahan alam di sekitar air terjun tersebut yang biasanya ditumbuhi vegetasi pepohonan hijau yang memanjakan mata.

Lalu, melihat derasnya air mengalir dari atas ke bawah yang menghantam air atau bebatuan di bawahnya menimbulkan bunyi membuat perasaan menjadi lebih nyaman dan tenang. Terutama saat siang hari, pasti kanti-kanti akan mendapatkan pemandangan pelangi yang indah di bawah kaki air terjun ini.

Air Terjun Telun Berasap [sumber: Harnas]
Air Terjun Telun Berasap sendiri berada Desa Telun Berasap, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Sumber air dari air terjun ini merupakan sungai-sungai yang berhulu disekitar Gunung Tujuh dan sumber utama airnya adalah Air Terjun Gunung Tujuh, yaitu air terjun yang mengalir dari bibir Danau Gunung Tujuh yang terdapat di puncak Gunung Tujuh.

Mengapa namanya Telun Berasap? Masyarakat setempat memberikan nama tersebut karena air terjun ini selalu diselimuti kabut asap putih. Tentunya saja fenomena ini akibat derasnya air yang terhempas ke batu dan menguap.

Pelangi di bawah kaki air terjun [sumber: merdekapost]
Lalu, bagaimana cara mencapai lokasi wisata ini? Kanti-kanti dapat memilih tiga alternatif jalur darat. Pertama, jika kanti-kanti memulai perjalanan dari Kota Jambi, langsung saja menuju ke Sungai Penuh. Kedua, jika kanti-kanti memulai perjalanan dari Kota Padang, langsung saja menuju ke Tapan kemudian dilanjutkan ke Sungai Penuh.

Ketiga, dari Kota Padang, kanti-kanti juga dapat langsung menuju Ke Muaralabuh kemudian ke Kersik Tuo Setelah mencapai pintu kawasan objek wisata, kanti-kanti dapat berjalan kaki menyelusuri jalan tangga sekitar 300 meter sebelum mencapai tempat ini.

Lokasi Air Terjun Telun Berasap

Referensi featured image

Related posts

Jakoz “Jambi Punya Kaos” Oleh Oleh Berbumbu Jambi

Arya Adhitya

Keindahan Taman di Kota Jambi: Anggrek hingga Hutan Kota (lanjutan)

Haviz Kurniawan

Desa Wisata Lekuk 50 Tumbi Lempur: Desa Wisata dengan 5 Danau

Latoiful Manan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More